Ilmu Manajemen Produksi

Bicara mengenai manajemen produksi maka setiap perusahaan pasti mempersiapkan personal atau karyawan yang memang khusus berkutat di bidang tersebut yang telah di sesuaikan dengan background pengalaman dan juga pendidikan sehingga bisa menerapkan langsung dengan tepat di dunia kerja. Manajemen ini memiliki ilmu khusus yang memang berisi mengenai topik dan materi seputaran produksi dan juga logistik yang memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya. Ini bukan suatu hal yang bisa dikatakan sepele manakala masih sering kali terjadi penyimpangan dan kesalahan dalam manajemen khusus produksi dan pengaturan logistik yang terkadang tidak sesuai dan menyebabkan anggaran dan aspek lain dalam suatu perusahaan menjadi tidak seimbang.

Manajemen Produksi

Kunci dalam Sebuah Ilmu Manajemen Produksi

Dalam ilmu ini tentu tidak sembarang orang bisa menguasai dan menjalankan semua job deskripsi dengan sempurna dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Anda harus memiliki sebuah kunci pasti dan juga prinsip dalam bekerja sehingga hasil produksi mampu tercapai sesuai dengan target yang dibuat dan diharapkan oleh perusahaan. Tanpa sebuah manajemen yang baik maka perusahaan tidak bisa menetapkan target dan mengukur hasil produksi apakah sudah sesuai atau kurang atau malah berlebih. Dalam penerapan ilmu ini di dunia nyata perusahaan maka Anda akan berkaitan langsung dengan beberapa orang diantaranya bagian pelaksana khusus manajemen logistik yang mana pekerjaan utamanya adalah mengatur dan memanage bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang proses produksi sampai akhir. Lalu bagian kedua adalah bagian sub purchasing yang pekerjaannya adalah mengatur produk apa saja yang akan dibeli tetapi jelas berbeda dengan produk yang diproduksi. Kemudian bagian selanjutnya adalah bagian khusus gudang yang mana tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap barang yang keluar masuk dari dan ke gudang, bertanggung jawab atas pekerjaan staff, karyawan yang bertugas memasok bahan baku yang dibutuhkan, mengawasi distributor pemasok bahan baku. Kemudian ada lagi seseorang yang bertugas sebagai seorang operator dalam bidang produksi dengan tanggung jawab sebagai pengelolaan bahan dasar atau bahan baku dan juga melaksanakan proses dan juga kebijakan serta rencana dalam produksi.

Manajemen logistik itu sendiri masih memiliki tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara tepat dan runtut yaitu menginventarisir kelengkapan produksi yang ada beserta bahan bakunya, melakukan proses belanja bahan baku dan kelengkapan lain yang dibutuhkan perusahaan seperti mesin dan alat, menyimpan stock bahan baku dengan benar, menyiapkan dan mengambil bahan baku yang dibutuhkan setiap proses produksi, dan memberi laporan lengkap kepada manager logistik perusahaan dengan lengkap. Nah, kesemua hal tersebut mencakup dalam sebuah ilmu manajemen produksi yang harus dikuasai oleh Anda yang bekerja dalam bidang tersebut.

Info Lengkap Kunjungi : http://manajemenproduksi.com/