SEJARAH  TOYOTA          

TOYOTA

Sejarah Toyota Motor Corporation diresmikan pada bulan September 1933 pada sebuah divisi bagian mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Yang berkantor pusat Toyota di Toyota City, Aichi, Jepang ,pada divisi mobil tersebut kemudian dipindahkan untuk dipisahkan pada tanggal 27 Agustus 1937 untuk menproduksi Toyota Motor Corporation samapai seperti saat ini.

 

Toyoda

Berangkat dari sebuah industri tekstil, Perusahaan ini yang sekarang  bisa memproduksi 1 unit mobil setiap 50 menit ini,pada penggunakan nama Toyota dikarenakan  oleh penyebutannya lebih umum dari pada untuk memakaikan nama keluarga pendiri,yaitu Toyoda. Perusahaan Toyota merupakan pabrik mobil terbesar di dunia secara unit sales ataupun net sales. Pabrik ini pula merupakan terbesar di Jepang, yang dapat menghasilkan 8-8,5 juta/unit mobil diseluruh dunia pada setiap tahunnya. Sehingga sampailah keindonesia dan tersebar dikota-kota besar yang ada diindonesia,salah satunya yang terdapat dikota bandung atau Toyota Bandung.

 

Penemu

Sakichi Toyoda lahir pada bulan Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Pria ini dikenal sebagai penemu yang jenius dan sejak berusia masih belasan tahun. Toyoda dalam  hidupnya selalu mempelajari dan mengembangkan padaperakitan mesin tekstil. Pada usia 30 tahun Toyoda membuat mesin tenun. Dan ini mengantarnya pada cikal bakal perakitan mesin Toyota, yakni Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. Pada bulan November 1926.

Di sini hak paten mesin tekstil dijual kepada Platt Brothers & Co, Ltd. dari Inggris. Dan dari Hasil penjualan paten ini, dijadikan sebuah modal untuk  pengembangan pada divisi otomotif. Mulai tahun 1933, saat Toyoda membangun divisi otomotif, tim ini kemudian banyak dikendalikan oleh putranya Kiichiro Toyoda, dan tiada henti-hentinya menghasilkan berupa inovasi-inovasi terdepan di zamannya.salah satu inovasi yang diraih adalah Mesin Tipe A berhasil dirampungkan pada 1934. Dan dalam setahun kemudian mesin ini dicangkokkan pada prototipe pertama mobil tipe penumpang mereka, A1. Dan pada Divisi otomotif Toyoda juga tidak ketinggalan menghasilkan truk model G1. Replika dari Toyota Model AA (1936), dengan logo Toyoda

Dan ahirnya Pada tahun 1936 mereka meluncurkan sebuah mobil penumpang pertama mereka, Toyoda AA (kala itu masih menggunakan nama Toyoda).Kendaraan ini merupakan awal harapan menjadi mobil rakyat.

sumber : http://kreditmobiltoyotabandung.blogspot.co.id